Cara Membuat Donat: Panduan Langkah-demi-Langkah

 

Donat glasir vanilla klasik sulit ditolak, terutama saat masih hangat. Tetapi tidak perlu menunggu tanda “panas dan siap” untuk menyala – Anda dapat membuat donat di rumah kapan saja. Donat ini sempurna untuk mengesankan tamu, tetapi sama bermanfaatnya dengan proyek membuat kue akhir pekan bersama anak-anak.

Di sini, kami akan memandu Anda melalui semua langkah membuat adonan beragi manis, menggoreng donat hingga berwarna emas, lalu melemparkannya dalam glasir vanila klasik.

Cara Membuat Donat Glazed Klasik

  • Waktu persiapan: 10 jam
  • Waktu memasak: 25 menit

Bahan Untuk donat:

  • 8 sendok makan (1 batang) mentega tawar
  • 1 gelas susu
  • 1/4 gelas gula pasir
  • 1 (1/4-ons) paket ragi kering aktif (2 1/4 sendok teh)
  • 2 telur yang besar
  • 4 gelas tepung serbaguna
  • 3/4 sendok teh garam halal
  • 2 liter minyak canola atau kacang, untuk menggoreng

Untuk glasir vanilla klasik:

  • 4 sendok makan (1/2 batang) mentega tawar
  • 2 cangkir gula bubuk (10 ons)
  • 1/4 gelas susu
  • 1 sendok teh ekstrak vanili

Peralatan :

  • Gelas dan sendok ukur
  • Mixer berdiri
  • Mangkuk pengaduk besar
  • Pemotong donat atau pemotong lingkaran 3 dan 1 inci
  • Panci besar yang berat sebelah bawah atau oven Belanda
  • Termometer goreng / permen
  • Penjepit, sumpit kayu, atau laba-laba
  • Rak kawat Mangkuk pengaduk sedang
  • 2 loyang

Instruksi :

  1. Lelehkan mentega dan hangatkan susu. Potong 1 batang mentega tawar menjadi potongan besar dan taruh dalam mangkuk kecil yang aman untuk microwave. Microwave dengan api besar selama 1 menit sampai sebagian besar meleleh (beberapa benjolan baik-baik saja) dan sisihkan. Microwave 1 cangkir susu murni dalam cangkir yang aman untuk microwave atau gelas ukur selama 1 menit sampai hangat tetapi tidak panas (sekitar 100ºF).
  2. Buktikan ragi dalam susu hangat. Pindahkan susu hangat ke mixer dudukan (atau mangkuk besar) dan kocok dalam 1/4 gelas gula pasir. Taburkan 1 paket (2 1/4 sendok teh) ragi aktif di atas susu dan sisihkan selama 5 menit. Ragi harus berbuih dan terlihat seperti busa. (Jika tidak, dapatkan ragi baru dan mulai lagi dari awal.)
  3. Kocok mentega dan telur ke dalam campuran susu. Tuang mentega dingin ke dalam campuran susu dan tambahkan 2 telur besar. Kocok untuk menggabungkan dan memecah telur.
  4. Tambahkan tepung dan garam dan uleni adonan menjadi adonan yang halus dan lengket. Tambahkan 4 cangkir tepung serbaguna dan 1/2 sendok teh garam halal. Dengan menggunakan pengait adonan, kocok adonan dengan kecepatan rendah hingga menyatu, sekitar 3 menit. Tingkatkan kecepatan hingga sedang-tinggi dan terus kocok hingga adonan rata dan lengket, sekitar 3 menit lagi. (Jika diuleni dengan tangan, aduk tepung dan garam sampai adonan lengket, kemudian uleni di atas permukaan tepung sampai adonan halus dan lengket, sekitar 5 menit.)
  5. Bentuk adonan menjadi bola, tutup, dan dinginkan selama 8 hingga 12 jam. Angkat adonan dari mangkuk dan bentuk menjadi bola yang kencang dan halus. Taburkan adonan dengan sedikit tepung tambahan (sekitar 1 sendok makan) dan kembali ke mangkuk. Tutup dengan handuk dapur bersih atau bungkus plastik dan dinginkan hingga dua kali lipat, 8 hingga 12 jam. (Atau, Anda bisa membiarkan adonan naik pada suhu kamar selama 1 1/2 hingga 2 jam sebelum menggoreng – donat jadi dengan lebih padat tetapi masih lezat.)
  6. Giling dan potong adonan. Lapisi permukaan kerja dengan sekitar 1 sendok makan tepung serbaguna, lalu pindahkan adonan ke atasnya. Tepuk-tepuk adonan menjadi bulat tebal, lalu gunakan rolling pin untuk menggulungnya setebal 1/3 inci. Dengan menggunakan pemotong donat atau pemotong bundar 3 inci, potong sebanyak mungkin putaran. Gunakan pemotong bundar 1 inci untuk memotong lubang jika perlu. Jangan memutar ulang memo. Pindahkan donat dan lubang donat ke 2 loyang ringan. Tutupi dengan handuk dapur yang bersih dan biarkan mengembang, setidaknya 30 menit. Sementara itu, buat glasir.
  7. Buat glasir dan buat stasiun pendingin. Lelehkan 4 sendok makan mentega tawar dalam panci kecil di atas api kecil. Tambahkan 2 cangkir gula bubuk, 1/4 cangkir susu murni, dan 1 sendok teh ekstrak vanili, dan aduk sampai rata. Angkat dari api dan tutup agar tetap hangat. Mengatur stasiun pendingin: melapisi loyang dengan handuk kertas dan letakkan rak kawat di atas handuk kertas. Ini akan membantu menghilangkan minyak dari donat yang sudah jadi sambil tetap empuk.
  8. Panaskan minyak untuk digoreng. Tunggu sampai donat telah naik selama sekitar 30 menit dan mulai terlihat bengkak sebelum memanaskan minyak. Tuang 2 liter minyak canola ke panci besar yang berat sebelah bawah atau oven Belanda dan pasang termometer goreng. Panaskan di atas api sedang-tinggi sampai minyak mencapai 355 hingga 365ºF. Kecilkan sedikit panas untuk mempertahankan panas ini.
  9. Goreng donat. Goreng dalam batch 4 donat. Anda dapat mentransfer donat menggunakan sepasang sumpit (alat favorit saya untuk membalik dan melepas donat juga) atau dengan spatula datar. Goreng sampai mengembang dan berwarna cokelat keemasan, sekitar 1 1/2 menit per sisi. Gunakan penjepit atau sumpit untuk mengeluarkan donat dari minyak panas, pegang di atas panci selama satu menit untuk mengalirkan minyak berlebih, kemudian letakkan di rak. Ulangi dengan donat yang tersisa, sesuaikan panas sesuai kebutuhan untuk mempertahankan suhu oli antara 355 hingga 365ºF.
  10. Glaze donat. Sementara donatnya hangat, masukkan ke dalam glasir dengan hati-hati. Anda dapat melapisi hanya satu sisi atau keduanya. Jika glasir sudah dingin dan menebal, letakkan kembali di atas api kecil dan aduk hingga kendur lagi. Kembalikan donat mengkilap kembali ke rak pendingin dan biarkan glasir diatur selama 3 menit sebelum disajikan.
  11. Goreng dan sayangi lubang donat. Goreng lubang donat sampai kecokelatan, sekitar 1 menit. Pindahkan ke rak dan dinginkan 1 menit sebelum kaca.

Catatan resep ;

Buat di depan: Adonan dapat dibuat hingga 24 jam di muka dan didinginkan. Buat glasir dalam beberapa jam.

Penyimpanan: Donat paling baik dimakan pada hari mereka dibuat. Donat mengkilap tetap tertutup dengan baik selama 24 jam, atau simpan di kotak pizza atau toko roti.